Selasa, 04 Februari 2014

Wisata Alam Kalimantan Tengah

Potensi Wisata Alam di Kalimantan Tengah

Macam Macam Objek Wisata Alam Yang Ada Di Provinsi Kalimantan Tengah Adalah:

- Kabupaten Kotawaringin Barat
1. Taman Nasional Tanjung Puting
Beberapa Objek Wisata di Tanjung Puting yang sangat menarik untuk di kunjungi yaitu :
a). Tanjung Harapan
b). Pondok Tanggui
c). Camp Lakey
2. Wisata Pantai Bogam Raya

- Kabupaten Lamandau
Objek Wisata alam yang ada di Kabupaten Lamandau adalah :
a. Riam Sangkarapuyan,
Riam ini dapat kita lihat jika kita melakukan perjalanan ke Desa Pembuluh Hulu dari ibukota Kecamtan Lamandau, Tapin Bini. Jika menuju ke Kecamatan Lamandau (Tapin Bini) maka kita melalui Riam Sangkarapuyan ini. Jarak tempuh untuk ke tempat ini kurang lebih 1,5 jam perjalanan, dengan menggunakan speed boat. Selain dengan speed boat, kita juga bisa dengan menggunakan kendaraan lainnya seperti kelotok (perahu bermesin).

b. Riam Tapin Bini,
Riam ini terletak di Kecamatan Lamandau, riam ini terletak tepat di depan ibukotanya Kecamantan Lamandau (Tapin Bini). Riam ini sangat menarik untuk arung jeram bagi yang menyenangai olah raga tersebut. Untuk menuju ke riam ini ditempuh dari ibukota Kabupaten kurang lebih 2,5 jam perjalanan dengan speed boat. Selain menggunakan jalur air dapat juga ditempuh melalui jalur darat dengan waktu tempuh kurang lebih 3,5 jam.

c. Riam Sungai Setongah,
Riam ini terletak di Kecamatan Delang. Dari kota kecamatan, riam ini hanya berjarak kurang lebih 3 km, ditempuh melalui jalan darat. Dari ibukota Kabupaten Lamandau ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam perjalanan melalui darat.

d. Sebayang Bungsu
Terletak di Kecamatan Delang

e. Bolau
Terletak di Kecamatan Belantikan Raya

f. Sampuraga
Terletak di Kecamatan Belantikan Raya

g. Sangkarapuyan
Terletak di Kecamatan Belantikan Raya

h. Seboi
Terletak di Kecamatan Lamandau

i. Air Terjun Siukam Bidadari Tujuh ,
terletak di kecamatan Delang.

j. Air Terjun Palei kodan ,
terletak di kecamatan Belantikan Raya.

k. air Terjun Melata yang terletak didesa Melata Kecamatan Menthobi Raya.

l. Air Terjun Petarikan yang terletak di Desa Petarikan Kecamatan Belantikan Raya.

m. Danau Sematu,
terletak di desa Batu Kotam kecamatan Bulik

n. Danau Sembruangan,
terletak di Desa Guci Kecamatan Bulik.

- Kabupaten Sukamara,
Obyek wisata yang ada di Kabupaten Sukamara adalah :
1. BUKIT PATUNG,
Merupakan suatu daratan tinggi yang membentuk bukit-bukit dengan panorama alamnya yang sejuk dan alami serta bernuansa budaya tradisional, lokasi bukit ini berada di kecamatan Balai Riam, yang dapat ditempuh melalui jalan darat.

2. DANAU BURUNG,
Danau Burung merupakan suatu daerah yang memiliki daya tarik tersendiri, pada musim tertentu danau ini akan banyak didatangi sekelompok burung liar yang langka untuk bersarang dan bertelur. Luas Danau Burung lebih kurang 76.110 Ha, untuk mencapai lokasi ini anda dapat menggunakan jalan darat dari Kota Sukamara.

3. Wisata Pantai
Kabupaten Sukamara memiliki potensi pariwisata bahari atau pantai, dikarenakan posisi wilayah kabupaten yang strategis yaitu berbatasan dengan Laut Jawa. Anda dapat menikmati pemandangan bernuansa bahari , kampung nelayan yang eksotik, makanan laut (kerang, udang,dll) serta menyaksikan keindahan matahari terbenam (sunset). Adapun pantai-pantai indah tersebut adalah :
- Pantai Kuala Jelai,
- Pantai Tanjung Nipah,
- Pantai Tanjung Selaka,
- Pantai Sungai Ramis,
- Pantai Kampung Baru,

4. SUNGAI JELAI
Wilayah Kab. Sukamara berbatasan langsung dengan Propinsi Kalimantan Barat dan sungai Jelai merupakan sungai perbatasan tersebut, yang merupakan alur sungai yang masih alami dan segar untuk dinikmati karena memiliki daya tarik tersendiri.

- Kabupaten Gunung Mas,
Obyek wisata yang ada di Kabupaten Gunung Mas Meliputi:
- Air Terjun Bawin Kameloh,
Air Terjun Bawin Kameloh merupakan cagar alam yang juga tempat rekreasi masyarakat berupa hutan-hutan alami dengan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan/pepohonan alami dan tanaman industri. Daya tarik yang menonjol dari air terjun Bawin Kameloh adalah terdapatnya hutan alami, ditumbuhi beraneka ragam pepohonan hutan beserta semak belukarnya serta terdapatnya tanaman produksi sehingga menambah indahnya panorama dan kesejukan alam sekitarnya. Lokasi ini juga sering digunakan untuk perkemahan.

- Batu Suli,
Batu Suli merupakan Obyek wisata alam yang berlokasi di tepian Sungai Kahayan antara desa Upon Batu dan desa Tumbang Manange , kecamatan Tewah. Obyek wiasata ini menawarkan pemandangan yang indah dan mempesona, berbentuk batu besar yang berdiri menjulang tinggi di sungai Kahayan
Lokasi wisata Batu Suli ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dari Kota Kuala Kurun sejauh 37,7 km, luas areal yang ada kurang lebih 50 hektar. Jalan masuk ke lokasi masih berupa jalan tanah. Fasilitas yang tersedia hanya berupa pondok-pondok kecil sebagai tempat persinggahan sementara bagi pengunjung dengan daya tampung sangat minim.

- Air Terjun Batu Mahasur,
Merupakan cagar alam yang juga tempat rekreasi masyarakat berupa hutan-hutan alami dengan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan / pepohonan alami dan tanaman industri. Terletak di Kuala Kurun dengan ketinggian 25 meter, cocok untuk wisata pemandian dan panjat tebing.

- Kabupaten Barito Utara,
Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Barito Utara adalah :
- Air Terjun Jantur Doyan
yang saat ini banyak dijadikan sebagai tempat rekreasi penduduk kota Muara Teweh dan sekitarnya
- Hutan Lindung Pararawen,
- panorama Danau Butong,
- Air Terjun dan Danau Inih,
- serta Bendungan (dam) Irigasi Trinsing,
- Gua Siapa,
- Gua Lambung,
- Gua Liang Pandan,
- Gua Liang Idai,
- Gunung Lumut,
- kawasan Gunung Angah (Benangin Air terjun Sentuyun),

- Kabupaten Seruyan,
Sektor Pariwisata di Kabupaten Seruyan terdiri dari
1. Wisata Sungai Bakau;
terletak di Kecamatan Seruyan Hilir. Selain wisata sungai bakau akan di kembangkan wisata lainnya dalam menambah keragaman objek yaitu :
- Wisata Danau dan air terjun Kalap,
- Taman Nasional Tanjung Puting ( terkenal dengan keindahan alam, flora dan faunanya),
- Wisata Alam Udang ( Agrowisata),
- Wisata Danau Terantang,
- Wisata Danau Canglon,
- Wisata Danau Keladi,
- Wisata Danau Bangkok,
- Wisata danau laki Bini,
- Wisata Danau Sari,
- Wisata Danau Wisata Empat Belas,
- Wisata Danau Bogam,
- Wisata Danau Jubai,
- dan Wisata Danau Burung

2. Wisata Danau Sembuluh;
lokasi terletak di kecamatan Danau Sembuluh desa Bangkal, Sarana penunjang berupa tempat menginap, speedboat, sampan dan sarana bermain.

3. Wisata Air Terjun dan Arung Jeram;
berada di Kecamatan Seruyan Tengah dan Seruyan Hulu dengan Tofografi yang cukup curam dan berbukit-bukit. jumlah riam untuk penunjang arung jeram sebanyak kurang lebih 160 riam dan kondisi masih alami.

- Kabupaten Barito Selatan,
Kabupaten Barito Selatan pada sektor pariwisata mempunyai potensi yang potensial khususnya pada obyek wisata alam yang terdiri dari:
Arena Lomba Dayung / Danau Sadar (Kecamatan Dusun Selatan), Danau Sanggu ( Kecamatan Dusun Selatan ), Taman Anggrek Alam Sanggu (Kecamatan Dusun Selatan ), Danau Malawen ( Desa Sanggu Kecamatan Dusun Selatan), Ekosistem Air Hitam Sei. Puning ( Kecamatan Dusun Hilir ), Situs Suku Bawo ( Desa Pantas Kecamatan Gunung Binta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar